Jam Kerja
Senin – Sabtu, 08.00 – 16.00
HUBUNGI KAMI
VIA WHATSAPP

Abdul Chalim: Kisah Perjuangan Ulama Pejuang dalam Panggung Sejarah Indonesia

Catalogue » Humaniora » Abdul Chalim: Kisah Perjuangan Ulama Pejuang dalam Panggung Sejarah Indonesia

Abdul Chalim: Kisah Perjuangan Ulama Pejuang dalam Panggung Sejarah Indonesia

Rp 198.000

Description

 

Abdul Chalim: Kisah Perjuangan Ulama Pejuang dalam Panggung Sejarah Indonesia penulis Reiza D. Dienaputra, Abdul Chalim, N. Kartika, Iman Rahman Anggawiria, Budi Sujati, Mohammad Refi Omar Ar Razy, Satria Nugraha (Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Jawa Barat)

 

KETERANGAN FISIK BUKU

– Ukuran buku: 24,5 x 16, cm

– Jumlah halaman: XX + 144 (full color)

 

SINOPSIS

Penyusunan buku biografi tentang Abdul Chalim tentu bukanlah pekerjaan yang mudah, diperlukan kesabaran, ketalatenan, dan kerja keras yang luar biasa. Hal ini tidak saja dikarenakan terbatasnya sumber-sumber tentang Abdul Chalim akan tetapi juga dikarenakan singkatnya waktu yang tersedia dalam proses penyusunan buku biografi ini.

Heuristik atau penggalian sumber yang kami lakukan di berbagai tempat, seperti Arsip Nasional Republik Indonesia Jakarta, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Jakarta, Perpustakaan PBNU Jakarta, Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya, Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya, Museum Nahdlatul Ulama di Surabaya, Perpustakaan Keluarga Abdul Chalim di Majalengka, Koleksi Arsip Tim Penyelamat Dokumen Nahdlatul Ulama di Gresik, Perpustakaan Monumen Pers Nasional di Solo, dan Jogja Library Center di Yogyakarta, sangat banyak membantu memperkaya sumber-sumber yang diperlukan untuk merekonstruksi jejak perjuangan Abdul Chalim. Dari penggalian sumber di berbagai tempat tersebut, secara perlahan tapi pasti jejak perjuangan Abdul Chalim dapat terpetakan lebih jelas lagi.

______________________________________________________________________________

Jejak panjang perjuangan KH. Abdul Chalim dalam panggung sejarah Indonesia secara ekpsliit memperlihatkan bahwa KH. Abdul Chalim bukanlah sosok yang biasa-biasa saja. Ia adalah ulama pejuang yang telah mendedikasikan hidup dan kehidupannya bagi kemajuan dan kejayaan bangsa dan NKRI. Berbekal jejak panjang perjuangan itulah, pemerintah Provinsi Jawa Barat memandang penting untuk mengajukan KH. Abdul Chalim sebagai Calon Pahlawan Nasional dari Provinsi Jawa Barat.

Penulisan buku biografi tentang KH. Abdul Chalim oleh TP2GD Provinsi Jawa Barat merupakan bukti dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bagi upaya pengusulan KH. Abdul Chalim sebagai calon Pahlawan Nasional.

Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D.

Gubernur Provinsi Jawa Barat