Jam Kerja
Senin – Sabtu, 08.00 – 16.00
HUBUNGI KAMI
VIA WHATSAPP

Mencari Keindonesiaan di Antariksa: Sepilihan Tulisan tentang Fiksi Sains Anak dan Remaja Indonesia

Catalogue » Edukasi » Mencari Keindonesiaan di Antariksa: Sepilihan Tulisan tentang Fiksi Sains Anak dan Remaja Indonesia

Mencari Keindonesiaan di Antariksa: Sepilihan Tulisan tentang Fiksi Sains Anak dan Remaja Indonesia

55000

Description

Mencari Keindonesiaan di Antariksa: Sepilihan Tulisan tentang Fiksi Sains Anak dan Remaja Indonesia

Penulis: Yudi Permadi, Sandya Maulana

Penerbit: CV Balatin Putera Puteri

Ukuran Buku: 14.8 x 21 cm

Tebal Buku: 162 halaman

 

Sinopsis

Serangkaian karya sastra anak dan remaja Indonesia dari dekade 1970an hingga 2000an menunjukkan pengaruh fiksi sains yang kuat, terutama sekali fiksi sains Amerika Serikat yang kala itu tengah populer dalam berbagai media. Tulisan-tulisan dalam buku ini mendedah bagaimana sekumpulan karya menyikapi dan menginternalisasi pengaruh tersebut. Fiksi sains acap bukan merupakan prediksi masa depan, tetapi ia bisa menjadi ekstrapolasi kondisi manusia pada masa kini. Dengan demikian, kendati pengaruh fiksi sains asing cukup kuat, fiksi sains Indonesia adalah interpretasi dan ekstrapolasi kondisi manusia Indonesia dalam kurun waktu tersebut di atas.  Inilah sebab   Kumpulan tulisan ini dinamai Mencari Keindonesiaan di Antariksa karena karya-karya fiksi sains yang dibahas dalam buku ini adalah karya-karya sastra Indonesia yang juga mempersoalkan Indonesia, kendati beberapa karya berlatar penjelajahan Antariksa.

Buku ini berisi sepilihan tulisan, sebagian telah diterbitkan sebelumnya dan sebagian dimuat untuk pertama kalinya dalam buku ini, yang kami hasilkan dalam kurun waktu lebih kurang sepuluh tahun terakhir. Fokus buku ini dapat dirumuskan sebagai suatu kajian tentang fiksi sains anak-anak dan remaja Indonesia, terutama dari dekade 1970an hingga 2000an. Akan tetapi, buku ini pun dapat pula dikatakan sebagai sebuah buku tentang pengaruh sains dan fiksi sains dalam sastra anak dan remaja Indonesia dalam kurun waktu tersebut di atas.